by

Apakah sumber kalian cukup kredibel?

Pada artikel sebelumnya, saya sudah sedikit membahas bagaimana caranya memilih informasi yang baik untuk dibagikan, mengapa harus yang baik? karena di dunia maya, banyak sekali informasi yang tidak baik bertebaran, tidak baik di sini bisa jadi karena informasi tersebut bohong atau bias. Tidak bisa sembarangan memang, kalau kita sering membaca portal berita online belakangan, sudah beberapa kali kita melihat orang yang memiliki pekerjaan yang baik dengan pendidikan yang cukup tinggi (saya tidak mau menyebut profesi) ditangkap polisi karena diduga menyebarkan berita bohong.

Lantas, apakah ada cara untuk mengetahui sumber yang kita miliki cukup kredibel? Cara yang paling simpel adalah mengecek ke organisasi pengawas atau lembaga independen yang menaungi sumber tersebut. Alhamdulillah, sekarang semuanya serba daring, jadi lebih mudah untuk mencari tahu kelayakan dari sumber yang kita punya tersebut.

Caranya adalah dengan mengecek ke Dewan Pers, sebelumnya terima kasih untuk Dewan Pers yang telah mengunggah daftar media dibawah naungan mereka, teman-teman bisa lihat dan cari tahu sendiri di sini. Cukup cari berdasarkan nama media di kolom “search”, lalu halaman tersebut akan menampilkan daftar media yang sudah terverifikasi di Dewan Pers.

Mengapa harus cek di Dewan Pers? Sederhana saja, di zaman yang bebas sekarang ini, semua orang bebas membuat website dengan cukup mudah dan murah. Di sini masalahnya, kita tidak punya waktu yang cukup untuk mengecek satu persatu mana yang kompeten dan mana yang tidak. Yasudah lah, kita percaya saja ke Dewan Pers, karena pasti semua yang masuk ke mereka sudah melewati proses verifikasi manual, baik dari alamat kantor, nomor telepon, jenis media, dll.

Untuk sumber yang berasal dari media sudah aman, lalu bagaimana dengan sumber perorangan? Sederhana, kembali ke artikel saya sebelumnya, gunakan prinsip ASDIKAMBA.

Write a Comment

Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.